5 Langkah untuk Berpikir Positif

Memberdayakan 5 Langkah untuk Berpikir Positif

Langkah # 01-
Kembangkan kebiasaan berpikir positif  dari sekarang, tidak besok atau seterusnya. Keluarlah dari klub  “Aku akan melakukannya besok”. Bagaimana Anda bisa melakukannya? Lakukan 3 fokus berikut :

  1. Fokus pada yang benar dan bukan yang salah.
  2. Fokus pada apa yang Anda miliki dan bukan apa yang Anda tidak miliki.
  3. Fokus pada solusi bukan pada masalah.

Berpikir PositifLakukan tantangan ini – “Jalani kehidupan Anda dalam 7 hari tanpa ada pikiran negatif”. Anda pasti bertanya-tanya, “Bagaimana itu bisa dilakukan? Kita hanya manusia biasa`, bagaimana bisa kita tidak punya pikiran negatif?” Ya, Anda benar, tetapi saya tegaskan disini bahwa sekali Anda memiliki pikiran negatif, Anda tidak berbicara tentang hal itu, abaikan dan buanglah sepenuhnya. Berani menerima tantangan? Hanya 1 aturan sederhana dari tantangan ini : Anda harus melakukan ini selama 7 hari berturut-turut tanpa menyembunyikan apapun pikiran negatif, jika tidak Anda akan harus me-reset counter dan mengulangi  proses dari awal. Camkan kata-kata ini dalam pikiran anda “Hidup menawarkan kegagalan untuk menguji tingkat komitmen anda” Setelah Anda menyelesaikan program ini, Anda akan menemukan diri Anda benar-benar kembali dan semangat anda seperti di-recharge. Anda sekarang akan berpikir kegagalan sebagai umpan balik untuk improvisasi dan melihat masalah sebagai tantangan untuk mencari solusi.

Langkah # 02 –
STOP menghakimi diri sendiri dan orang lain.
Ketika Anda mulai untuk menghakimi dan mencari kesalahan orang lain, Anda akan berakhir menilai sendiri bahkan lebih intensif. Jika Anda marah dengan orang lain, Anda kemungkinan besar akan marah dengan diri sendiri juga. Apa yang dapat Anda lakukan? Anda dapat melakukan upaya untuk mengetahui alasan yang menyebabkan kemarahan dan melihat bagaimana Anda bisa membantu menyelesaikan masalah ini. Hanya ingat “Kurangi sifat menghakimi dan menganggap lebih” Tetaplah berpegang pada kekuatan berpikir positif dan berhentilah berpegang ke dalam kekuatan destruktif berpikir negatif.

Langkah # 03 –
Biasakan berpikir positif sebagai kunci keberhasilan
Perlakukan berpikir positif sebagai kebiasaan, gaya hidup dan strategi yang mengarah pada kesuksesan. Kembangkan juga kebiasaan memberi pujian kepada orang lain dan lebih menghargai bahkan selama masa-masa sulit.

Langkah # 04 –
Menjadi tidak sempurna
Jangan pernah mencoba untuk menjadi sempurna karena Anda tidak akan pernah berhasil. Jika Anda memutuskan untuk menjadi sempurna dalam segala hal, Anda akan lebih sering berfikir negatif. Sebagai  contoh, jika Anda seorang perfeksionis di tempat kerja dan Anda memiliki rekan atau pekerja yang selalu tidak bisa memenuhi standar tinggi Anda, apa yang akan terjadi? Ada akan terikat untuk memiliki argumen dan ini pasti akan menyebabkan diri anda berpikir negatif. Katakan pada diri sendiri: “Berjuanglah untuk mendapatkan yang lebih baik dan tidak untuk mendapatkan kesempurnaan”

Langkah # 05 –
IMAN
Gunakan kekuatan Iman untuk percaya. Jika Anda yakin bisa positif dan membuat perbedaan, maka Anda BISA.

Semoga Bermanfaat

Salam Sukses
Dipankara Jayaputra

Posted in Pengembangan Diri Tagged with: , , ,